19 Apr 2017 : Around Shinjuku Station

Posted in: Japan

Akhirnya jam 8.15 Linda tiba dengan selamat di bandara Haneda Tokyo….dan perjalanan kami siap dimulai ๐Ÿ˜€

Masing – masing kami membawa 1 koper ukuran 28″. Koper kami gede – gede ya….? Iya, ssssttttttt….masih ada koper lagi didalamnya ๐Ÿ˜ istilah kami, kopernya akan beranak, semoga gak bercucu hihihi….

Kami tipe traveller semi backpacker, gak mau susah – susah amat juga, karena kami mau menikmati perjalanan dan liburan kami bersama.

#LadiesTraveller : Syenny, Linda, Mariska, Chicha (ki-ka)

 

Tujuan pertama kami adalah menuju Shinjuku station, disana kami akan menitipkan koper – koper kami dalam koin loker yang ada disana, kemudian membeli beberapa tiket untuk ke Hakone dan Alpine Route dan setelahnya baru meng-explore beberapa tempat di Tokyo. 

Kenapa kami tidak menuju tempat menginap kami dulu ? Selama 4 hari kedepan, kami akan tinggal di apartemen di area Shinjuku, cuma ketentuan waktu check-in   baru mulai jam 16.00 dan kami sudah coba meminta kepada pemilik apartemen agar kami bisa menitipkan koper2 kami dulu di apartemen, tetapi ditolak dengan alasan masih ada penyewa sebelum kami, juga apartemen masih harus dibersihkan sebelum kami tiba dan kami disarankan untuk menitipkan koper – koper kami di koin loker yang berada di stasiun Shinjuku.

Ada beberapa pilihan moda transportasi dari Bandara Haneda menuju pusat kota Tokyo mulai dari Airport Limousine Bus, Monorail, Keikyu Line maupun Taxi. Kami menggunakan Keikyu Line karena Tokyo Subway Pass yang kami beli sudah termasuk Keikyu Line one way. 

Pilihan transportasi menuju pusat kota Tokyo

Kami mulai menarik koper masing – masing menuju Haneda Subway station yang berada dilantai bawah. Dari Haneda airport kami menggunakan Keikyu Line yang menuju Sengakuji st, kemudian lanjut Daimon st sampai ke Shinjuku st. Di stasiun Sengakuji, Tokyo Subway Pass 72 hours kami sudah mulai diaktifkan dan perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Ada beberapa aplikasi android selain google maps yang sangat membantu kami dalam perjalanan ini, akan saya share berikutnya.

Kami pun tiba di stasiun Shinjuku, berdasarkan catatan dari Wikipedia yang kami baca, ini adalah stasiun tersibuk di dunia berdasarkan banyaknya penumpang. Wah…ternyata benar….lautan manusia yang mondar – mandir tiada henti dan semuanya berjalan dengan sangat cepat, membuat kami bengong sesaat dan tersadar….”Hello…..kalian sudah di Tokyo sekarang !!! Ini sudah bukan Makassar, Surabaya atau Kupang” Perasaan gembira dan cemas beraduk – aduk…hehehe ๐Ÿ˜† 


Koin Loker

Tujuan kami sudah tercapai yaitu sampai di Shinjuku st, target berikutnya adalah mencari koin loker untuk menitipkan koper – koper kami. Beberapa sudut kami kelilingi, yang ada hanya loker berukuran kecil, sampai akhirnya kami menemukan juga beberapa koin loker dengan ukuran besar. 

Ada 3 tipe ukuran loker : kecil (๏ฟฅ300/hari), sedang (๏ฟฅ400/hari) dan besar (๏ฟฅ500 – ๏ฟฅ600 /hari) dengan masa penyimpanan maksimal 3 hari, lebih dari 3 hari barang akan dikeluarkan dari loker dan akan disimpan di gudang atau bagian keamanan loker. Pembayaran bisa menggunakan uang tunai atau pun dengan kartu Pasmo/Suica. Jika bayar menggunakan koin, maka kamu akan mendapatkan PIN untuk membukanya kembali. Sedangkan jika menggunakan SUICA / PASMO, tinggal langsung tap saja ke mesinnya.

Shinjuku Coin Locker
Semangat ladies…..:-)

Fuji Hakone Pass

Koper beres….selanjutnya kami melanjutkan perjalanan untuk membeli Fuji Hakone Pass yang juga berada disekitar area Shinjuku, yaitu Odakyu Sightseeing Service Center. Fuji Hakone Pass adalah tiket diskon untuk naik kereta yang diterbitkan mulai 1 April 2016. Adanya Pass ini dapat digunakan mengunjungi tempat – tempat wisata sekitar gunung Fuji dan Hakone dari Tokyo. Secara garis besar, pass ini mengcover area Hakone, Gotemba dan Gunung Fuji. Ada 2 tipe Fuji Hakone Pass tergantung keberangkatannya  :

  1. Keberangkatan dari Shinjuku : ๏ฟฅ8000 / orang 
  2. Keberangkatan dari Odawara : ๏ฟฅ5650 / orang

Kami membeli Fuji Hakone Pass dengan keberangkatan dari Shinjuku dengan masa pemakaian pass ini 3 hari dari tanggal diaktifkan. Pass ini akan kami aktifkan mulai tanggal 22 April 2017 karena kami akan menginap semalam di Hakone.

Tateyama Kurobe Option Ticket

Dari kantor Odakyu Sightseeing Service Center kami menyeberang jalan menuju kantor JR Travel untuk membeli tiket Tateyama Kurobe Alpine Route. Ini adalah salah satu destinasi impian kami, karena kami akan melihat maha karya keagungan Tuhan yaitu Snow Wall / Snow Corridor Tateyama atau dinding salju tinggi di Gunung Tateyama, dimana kita bisa berjalan diantara tembok salju yang ketinggiannya bisa mencapai 20m. Rute ini menembus pegunungan dan di ketinggian 2500 meter yang menghubungkan 2 kota yaitu Tateyama di Prefektur Toyama dan Shinano-Omachi di Prefektur Nagano. Harga tiketnya juga tidak murah yaitu ๏ฟฅ9000 / orang / one way namun harga ini sudah menghemat ๏ฟฅ3090 dari harga tiap transportasi yang digunakan dengan total ๏ฟฅ12.090.

Depan kantor JR Shinjuku Station

Hokuriku Arch Pass

Kami juga mengaktifkan JR Hokuriku Pass yang dibeli dari Indonesia seharga ๏ฟฅ24.000 mulai tanggal 21 April 2017 untuk keberangkatan kami ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Seandainya Pass ini kami beli di Jepang, harganya lebih mahal yaitu ๏ฟฅ25.000 dan pass ini berlaku selama 7 hari dari tanggal pemakaian pertama kali. 


Kami memutuskan membeli Hokuriku Arch Pass dengan beberapa pertimbangan:

  1. Kami akan mengunjungi pegunungan Tateyama dari Tokyo menggunakan shinkansen dan jalur yang dilewati yaitu Nagano dan Toyama dicover oleh pass ini.
  2. Kami juga akan mengunjungi Kyoto dan Osaka, jalur ini juga dilewati oleh pass ini.
  3. Harga Hokuriku Arch Pass ini jauh lebih murah dari harga tiket JR Pass ๏ฟฅ29.000 yang lebih banyak dikenal oleh para traveller.
  4. Untuk melewati kota – kota yang kami tuju, biayanya jauh lebih hemat dengan menggunakan pass ini alias bisa balik modal ๐Ÿ™‚
Hokuriku Arch Pass

Yeahhhh…..semua tiket sudah terbeli dan waktunya makan siang….. 
#LadiesTraveller

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *