19 Apr 2017 : Tokyo Transportation Pass

Posted in: Japan

Masih lanjut cerita seputar bandara Haneda….๐Ÿ˜‰

Masih sejam menunggu kedatangan pesawat Linda, saya sebagai team leader meng-collect uang dari teman-teman untuk membeli transpotation card.   Berdasarkan hasil browsing sana – sini perkiraan bahwa biaya transportasi kami selama 10 hari di Jepang akan menghabiskan biaya 35.000 yen per orang. ( ยฅ35.000 x kurs 120 = Rp.4.200.000,- ) cukup besar ya….๐Ÿ˜ iya….karena Jepang adalah negara dengan biaya transportasi yang tinggi, bahkan pemerintah Jepang pun mengakui hal tersebut, tetapi bagi para turis banyak kemudahan diberikan dalam bentuk pemberian diskon untuk transportation card.

Pasmo Card

Saya menuju mesin pembelian Pasmo Card, ini bukan transportation card tetapi kartu prabayar yang dapat diisi ulang sebagai pengganti uang elektronik untuk membayar bus, taksi , berbelanja di Mall, membeli makanan atau minuman di toko, kios atau mesin otomatis yang ada di stasiun. Selain itu juga bisa digunakan untuk membayar koin loker yang ada di dalam stasiun. Intinya IC Card ini mempermudah kita untuk bertransaksi. Ketika membeli kartu ini di mesin, kita akan dibantu oleh petugas yang selalu stand-by membantu para wisatawan ketika ada kesulitan, khususnya dalam hal kendala bahasa. Saat pertama kali membeli, diwajibkan untuk memasukkan uang minimal 1000 yen di mesin pembelian Pasmo dan sudah termasuk 500 yen deposit. Kita bisa membeli blank IC card tanpa nama atau IC card yang diregister menggunakan nama yang tercetak di kartu. Kami mengisi deposit awal 2000 yen dan memilih kartu yang menggunakan nama, siapa tahu ada rejeki bisa balik lagi ke Jepang. Amin. ๐Ÿ˜‡ O iya…kartu ini berlaku sampai 10 tahun dari tanggal pembelian.

IC Card : Pasmo

Tokyo Subway Pass

Selanjutnya saya menuju locker penjualan tiket subway. Secara umum transportasi andalan di kota Tokyo adalah kereta. Mau kemana pun bisa dijangkau dengan kereta. bus kota juga ada, tapi setelah mempelajari tempat – tempat yang akan dikunjungi, semuanya dapat dijangkau dengan menggunakan kereta. Ada banyak jenis transportation pass yang disediakan oleh pemerintah Jepang, tetapi untuk menentukan pass yang tepat untuk kita gunakan, kita harus membuat ittinerary secara jelas untuk tempat – tempat yang akan kita kunjungi.

Berdasarkan tempat – tempat yang akan kami kunjungi, hampir semuanya akan dilewati jalur yang dicover oleh Tokyo Subway. Tokyo Subway Pass tersedia dalam bentuk 24-hour (ยฅ800), 48-hour (ยฅ1200), dan 72-hour (ยฅ1500). Schedule perjalanan yang kami buat, 4 hari kami akan explore Tokyo, sehingga kami membeli Tokyo Subway Ticket 72 hours seharga 1500 yen

Subway ticket 24 hours berarti efektif bisa dipakai selama 24 jam, jadi jika kita pertama kali pakai jam 08:00, maka kartu ini valid dan bisa dipakai terus hingga keesokan harinya jam 07:59. 

Karena bandara Haneda terletak di pinggiran kota Tokyo dan untuk menuju kota jalur yang dilewati merupakan merupakan private line yang tidak tercover oleh Tokyo Subway, sehingga ada tambahan biaya sebesar 400 yen, sehingga total harga tiket 1900 yen per orang. Pass ini hanya dapat digunakan oleh wisatawan karena untuk membelinya kita wajib menunjukkan passpor. 

Tokyo Subway Pass ini juga dapat digunakan sebagai kartu diskon atau mendapatkan free gift dari beberapa merchant tertentu.  ( visit : website Chika Toku )

Tokyo Subway Pass 72 Hours

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *