Day 2 : Berbelanja di Paddys Market – Sydney

Posted in: Australia

Good morning Sydney….

Tidak menyangka, kami sudah menghabiskan semalam yang dingin di kota Sydney.

Pagi ini kami akan sarapan dirumah, karena rumah kami memiliki fasilitas dapur lengkap dengan peralatan memasak juga kami memutuskan untuk mencuci baju, mumpung karena ada fasilitas mesin cuci juga dirumah kami.

2nd day breakfast in Sydney

Our laundry room….maafkan atas pemandangan jemuran kami 😀

Hari ini kami memutuskan untuk mengunjungi Paddys Market untuk berbelanja souvenir sekalian persiapan beberapa bahan makanan yang akan kami gunakan selama road trip keesokan harinya.O iya sebelum keluar rumah pastikan selalu mengecek laporan cuaca karena akan sangat bermanfaat dalam menentukan lokasi yang kita tuju dan persiapan membawa payung.  Laporan cuaca di Australia sangat akurat dan terpercaya.

Sydney akan hujan terus hari ini
Karena hujan, jadi payung wajib ada dalam tas kami

Paddy’s Market adalah pasar tradisional yang letaknya di lantai dasar dari mal : Market City. Paddy’s Market atau biasa disingkat “Paddy’s” saja, letaknya sangat strategis, hanya 10 menit jalan kaki santai dari stasiun central atau 10 menit jalan kaki dari Darling Harbour. Market City, Di Sydney, ada dua Paddy’s Market, satu di tengah kota (Chinatown) dan satu lagi di pinggiran (Flemington). Yang kami kunjungi di sini adalah yang di Chinatown karena lokasinya lebih terjangkau bagi kami. Paddy’s Market buka mulai Rabu sampai Minggu, jam 10 pagi sampai 6 sore. Senin dan Selasa tutup.

Yang kanan ada Market City Mall
Pilihan kami kesini 😀 #Paddy’sMarket

Meskipun judulnya pasar tradisional, Paddy’s cukup nyaman, bersih dan rapi. Jarak antar lapak cukup lebar sehingga enak untuk jalan dan melihat-lihat. Ada banyak tempat sampah di berbagai sudut dan ada toilet bersih yang nyaman digunakan. Pasar ini terbagi menjadi dua bagian: pasar basah tempat menjual sayur/buah dan lapak-lapak yang menjual suvenir, fesyen, aksesoris, mainan, snack dan lain – lain. Dan pastinya barang – barang disini kebanyakan adalah “Made in China” jadi tidak bisa berharap akan menemukan buatan Australia disini. Sebagian besar pemilik lapak adalah orang-orang China yang kadang tidak bisa berbahasa Inggris, sehingga komunikasi hanya terbatas pada barang ini harganya berapa, dengan menunjukkan jari-jari kita ataupun menggunakan kalkulator untuk menawar harga. Harga barang juga sangat terjangkau sekitar AUD$5 sampai AUD$20 sudah bisa dapat banyak souvenir gantungan kunci, cocok untuk oleole orang serumah di Indonesia dan jangan lupa siapkan juga uang cash yang cukup untuk berbelanja di sini, hanya sedikit yang menerima pembayaran dengan kartu debit maupun kartu kredit.

Jujur saja kami belum puas berbelanja di bagian souvenir Paddy’s Market, tapi sudah siang dan kami memutuskan untuk berpindah ke lapak sayur/buah, disana kami akan membeli beberapa bahan makanan untuk persiapan kami roadtrip besok. Masuk ke area ini pun sangat bersih dan bahan – bahan makanan seperti buah maupun sayur yang dijual terlihat sangat segar. Rasanya mau membeli semuanya 😀

Selesai berbelanja semua bahan makanan, kami memutuskan menitipkan dulu barang belanjaan sayuran kami kepada salah satu pedagang yang ada disitu, karena kami mau naik ke foodcourt untuk makan siang. Hari ini menu makan siang kami dengan style Chinese food. Rasanya lumayan, cara memasak khas daratan China.

Nasi bebek panggang
Nasi ayam Hainan

Setelah makan siang, kami pun turun kebawah mengambil barang belanjaan yang tadi kami titipkan dan kami putuskan untuk kembali kerumah menaruh semua barang bawaan kami yang cukup banyak sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya.