Jalan – Jalan di Taiwan

Posted in: Taiwan

Hai ! Hai ! Libur pertengahan tahun lalu tepatnya 24 Juni โ€“ 3 Juli 2018 kami jalan โ€“ jalan ke Taiwan Bersama 3 orang teman : Linda, Charlie ( suami Linda ) & Syanne ( adiknya Linda ). Jadinya seperti family trip dari keluarga Linda hahaha ๐Ÿ™‚ iya sih but so farโ€ฆsemuanya jadi teman baik selama perjalanan.

Taiwan Team

MASKAPAI PENERBANGAN

Perjalanan dimulai dari kota Surabaya, kami terbang ke Taipei menggunakan pesawat China Airlines yang dibooking via aplikasi travel di hpโ€ฆ.harganya masih wajar sih 5.3jt pp uda dapat maskapai berjenis Full Services dengan fasilitas bagasi 30kg dan makanan di pesawat. Kami juga sempat transit Singapura tapi hanya satu jam. Jadi cukup menghemat waktu perjalanan. Kami berangkat jam 6.05 via Bandara Juanda Surabaya dan tiba di Bandar Udara Internasional Taoyuan Taiwan jam 15.10.

Sebenarnya ada maskapai lain yang berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) seperti Air Asia, Jet Star atau Scoot Airโ€ฆcuma kalo dihitung โ€“ hitung selisihnya juga tidak banyak dengan yang berjenis Full Services, karena kita harus membeli bagasi lagi, begitupun dengan makanan dalam pesawat, kapasitas kursi dan yang lain โ€“ lainnya, jadi kami memilih berangkat dengan menggunakan China Airlines.

ITINERARY TAIWAN 10D

Selama 10 hari di Taiwan pada trip ini, kami hanya mengunjungi 2 kota terbesar di Taiwan yaitu Taipei dan Taichung

Hari 1   : Surabaya โ€“ Taipei โ€“ Taichung

Hari 2   : Taichung

Hari 3   : Taichung

Hari 4   : Taichung โ€“ Sun Moon Lake

Hari 5   : Sun Moon Lake โ€“ Nantou

Hari 6   : Sun Moon Lake โ€“ Taipei

Hari 7   : Taipei

Hari 8   : Taipei

Hari 9   : Taipei

Hari 10 : Taipei – Surabaya

VISA TAIWAN

Ya, pemerintah Taiwan mewajibkan para wisatawan asing yang berkunjung untuk memiliki visa sebelum memasuki Taiwan, cuma ada kemudahan yang dapat dilakukan dengan system apply online dan free of charge bagi yang sudah memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea, dan negara-negara Schengen yang masih berlaku atau tidak berlaku, dengan waktu kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.

Kebetulan saya dan Linda memiliki visa Jepang, jadi kami cuma mendaftar online via situs situs https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ dengan memasukkan data โ€“ data yang diminta seputaran isi paspor, visa Jepang dan tiket penerbangan pp, kalau data yang dimasukkan lengkap, semua bisa dikerjakan dalam 5 menit dan akan muncul lembar 1 halaman โ€œROC (Taiwan) Travel Authorization Certificateโ€ yang harus dicetak dan nantinya ditunjukkan kepada petugas imigrasi di Taiwan.

Dokumen bebas visa Taiwan

Untuk apply visa sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan, karena masa berlaku visa hanya 90 hari dari tanggal apply dengan masa tinggal di Taiwan  selama 30 hari.

Bagi yang tidak memiliki visa      Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea, atau negara-negara Schengen harus membuat visa dengan membawa berkas yang ditentukan dan datang langsung ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta yang dikenakan biaya visa untuk sekali masuk Rp 650.000, sedangkan visa kunjungan berkala Rp 1,3 juta, dan visa express memerlukan penambahan biaya 50 persen.

SIM CARD TAIWAN

Trip Taiwan ini kami memutuskan membeli SIM Card Chunghwa Unlimited Data Internet untuk 10 hari pemakaian, harga nya Rp 228.000 (harga fluktuatif mengikuti kurs) dan pemesanan di bayar secara online, kualitas jaringan nya 4G lancar tanpa kendala. Kami membeli online via aplikasi KLOOK dan mengambil SIM Card di counter Chunghwa Bandara Taoyuan dengan memperlihatkan paspor serta KTP / SIM Indonesia

Counter Chunghwa di Bandara Taoyuan

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *