Selayar, pantai timur…surga bahari di kaki pulau Sulawesi

Posted in: Diving Story, Selayar Island, Sulawesi Selatan

Sangat menyenangkan bagi saya untuk akhirnya bisa melewatkan akhir pekan dengan berkunjung ke Selayar. Banyak sekali yang bertanya – tanya, Selayar itu dimana ? Pulau Selayar merupakan bagian selatan dari propinsi Sulawesi Selatan, kalo dalam peta posisinya terletak di bagian kiri kaki pulau Sulawesi. Selayar menjadi salah satu destinasi wisata bagi para scuba divers atau penyelam untuk memanjakan mata dengan kecantikan bawah lautnya.

Selain keindahan bawah lautnya, Selayar juga memiliki banyak spot wisata alam, budaya dan sejarah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Serta jangan dilupakan kuliner hasil lautnya yang segar dan sangat lezat.

Bagaimana cara ke Selayar ?

Ada 2 cara menuju ke Selayar.

Pertama, dengan jalan darat menggunakan bis atau mobil pribadi dari Makassar menuju pelabuhan penyeberangan Bira – Bulukumba yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 – 6 jam, kemudian dilanjutkan dengan Kapal Feri menuju Pelabuhan Pamatata Selayar sekitar 2 jam. Total waktu tempuh sekitar 9 – 10 jam.

Kedua, dengan menggunakan pesawat dari Bandara Hasanuddin Makassar menuju Bandara H.Aroeppala Selayar dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Saat kami berangkat, ada 2 maskapai yang melayani yaitu Wings Air di pagi hari dan Trans Nusa di sore hari.

Kami menuju Selayar dengan menggunakan moda transportasi pesawat, dengan pertimbangan lebih hemat waktu, tetapi kekurangan dari menggunakan pesawat adalah jumlah bagasi yang terbatas, mengingat kami para diver yang selalu bepergian dengan peralatan menyelam yang cukup berat, min 10 – 15 kg untuk peralatan diving. Kami mengatur masalah bagasi dengan terlebih dahulu mengirim peralatan kami via ekspedisi bis Aneka beberapa hari sebelum keberangkatan, sehingga kami tida di Selayar, bagasi kami juga sudah tiba. Ini adalah cara yang murah dan hemat. Akhirnya….jumat pagi kami tiba di Selayar…dan dijemput teman di Selayar, Evy dari #VisitSelayar dan kami langsung menuju dive center yang terletak di kota Benteng, ibukota kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengambil peralatan diving beserta bagasi yang sudah tiba duluan di Selayar.

Setelah itu langsung menuju area pantai timur Selayar, tepatnya pantai Pinang dengan perjalanan sekitar 1 jam menggunakan mobil pribadi.

Kapan waktu terbaik untuk menyelam di Selayar ?

Kami datang tanggal 15 Maret 2019 dan saat itu adalah musim angin barat. Sehingga kami melakukan penyelaman di pantai timur, tepatnya di pantai pinang yang membutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan darat menggunakan mobil pribadi.

Kapan saja kita bisa menyelam di Selayar, karena Selayar tidak mengenal angin barat dan timur. Maksudnya adalah kalo musim angin barat tiba, kita menyelam di pantai timur. Begitupun sebaliknya kalo musim angin timur tiba, kita menyelam di pantai barat.

Kami pun tiba di Pelabuhan Pattumbukang, dari sini menggunakan kapal kayu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menuju pantai Pinang. Laut cukup tenang, mengingat saat itu adalah musim angin barat, jadi benar – benar sangat terbalik dengan situasi pantai timur yang lagi bergelombang dengan hembusan angina kencang.

Pantai Pinang merupakan pantai dengan hamparan pasir putih dengan beberapa resort yang dikelola oleh investor asing. Kami tidak menginap di lokasi Pantai Pinang, dengan pertimbangan bahwa listrik & signal komunikasi yang terbatas, serta lokasi yang cukup jauh dari kota untuk bisa bertemu dengan teman – teman lokal Selayar. Seandainya benar – benar fokus untuk liburan, resort di Pantai Pinang menjadi pilihan terbaik untuk short escape dari rutinitas sehari – hari.

Kami memilih untuk menginap dalam area kota Benteng, yaitu d’Shorea Garden Villa dan saya sangat merekomendasikan tempat ini, kalau teman – teman datang untuk berkunjung ke Selayar. Kamarnya bersih, lengkap dengan TV, kulkas kecil, teko pembuat air panas dan kamar mandi dalam yang dilengkapi hot shower (tidak semua kamar) serta handuk juga peralatan standar untuk mandi dan mereka juga menyiapkan sarapan pagi yang menurut kami lumayan enak untuk seukuran pulau kecil Selayar dan pastinya juga tersedia wifi yang kencang 🙂 wkwkwkw

Hari ini kami mengunjungi 2 lokasi diving yaitu spot Kolo – Kolo dan Magic Wall, sangat menyenangkan bisa bersentuhan dengan air asin lagi dan masuk kedalaman laut untuk menikmati keindahan bawah laut pesisir timur Selayar.

Kontur bawah laut pesisir timur pulau Selayar didominasi berbentuk dinding atau wall, juga gua – gua yang menggantung dengan aneka macam biota laut seperti sea fan yang berukuran besar, schooling ikan trigger baik yang besar maupun kecil, aneka ikan kerapu, moray eel / belut Moray, penyu, kawanan lobster yang hidup dalam gua – gua kecil,  sehingga ini menjadi site yang memukau bagi kami para penyelam.  Total 7 dive site akan kami kunjungi selama liburan kami di Selayar 4 hari 3 malam. O iya kami tidak hanya melakukan kegiatan penyelaman saja, tapi kami juga melakukan aktivitas land trip dengan mengunjungi beberapa spot wisata yang sangat bagus di Selayar….so wait for my next story 🙂